Song

SLIDER

Jumat, 09 September 2016

KITAB SUCI


ALKITAB


Disini kita akan mengenal kitab suci yang menjadi pedoman hidup kita sebagai umat Kristiani. Kitab suci ini biasanya di sebut Alkitab. Ada yang bertanya, apakah perbedaan antara Alkitab Kristen Protestan dan Kristen Katolik?


Belajar dari sejarah

Alkitab merupakan terjemahan dari Bible yang juga berasal dari kata “Biblia” dalam bahasa Yunani yang berarti “buku-buku” yang digunakan oleh orang Kristen perdana untuk menunjuk pada tulisan-tulisan yang di-inspirasikan oleh Roh Kudus.

Bangsa Yahudi, murid Yesus, dan para rasul memegang kitab-kitab yang berbeda satu sama lainnya dari segi nama/judul kitab, gaya bahasa, asal kitab, dan tentu saja isi untuk tujuan/lingkup mengajar yang berbeda. Setelah kematian Yesus di kayu salib, ada keinginan dari umat Gereja perdana untuk menyamakan kumpulan kitab yang mereka punyai agar, semua murid Yesus mempunyai kitab yang sama, dan juga selain itu, untuk menjaga agar murid Yesus terhindar dari kesesatan, karena pada saat itu terdapat banyak sekali naskah-naskah sesat yang beredar.

Kanonisasi (dalam  praktek,  kanon  berarti daftar buku-buku yang diakui sebagai bagian dari Kitab Suci) Alkitab dimulai pada abad pertama dan berakhir pada abad ke-4, dimana dalam kanonisasi tersebut, naskah-naskah yang ada diteliti oleh Magisterium Gereja apakah itu benar di inspirasikan oleh Roh Kudus atau hanya merupakan tulisan prosa, palsu, bidat, dll. Kanonisasi ini ditutup dengan menyatakan bahwa alkitab yang sah untuk digunakan oleh umat Kristen di seluruh penjuru dunia adalah 73 kitab.

Namun pada saat terjadinya reformasi oleh kaum Protestan, Martin Luther membuang 7 kitab terakhir dari alkitab dan mendaftarkannya sebagai bagian dari kitab apokripa (kata Apokrip berarti “tersembunyi.”  Buku  yang  bersifat apokrip, maksudnya buku yang   tidak   dikenal.  Buku yang ditulis secara “sembunyi-sembunyi.“), sehingga pada konsili Trente, Gereja menetapkan kanon sekali lagi untuk menunjukkan bidaah Martin Luther dan tokoh protestan lainnya yang mengurangi isi alkitab dari 73 menjadi 66 kitab. Tujuh kitab yang dikurangi itu di beri nama Deuterokanonika dimana Deutero berarti “kedua kali” (bukan kanon kedua), itulah sebabnya umat Protestan memiliki Alkitab yang berisi 66 kitab sedangkan Katolik dan Orthodox memiliki alkitab dengan 73 kitab.

Apa Perbedaan Alkitab Kristen dan Katolik ???

Kitab suci Katolik dan kitab suci Kristen Protestan memang ada perbedaan yang khas.
Perbedaannya adalah pada jumlah kitabnya.




  1.  Katolik punya 73 kitab sedangkan kristen protestan punya 66 kitab.
  2.  Dalam Katolik ada 46 kitab Perjanjian Lama, sedangkan dalam Kristen Protestan alkitabnya menggunakan kitab versi King James hanya 39 kitab Perjanjian Lama. Sedangkan kitab Perjanjian Baru jumlahnya sama yakni 27 kitab.
  3. Ada 7 kitab yang diakui oleh Gereja Katolik sebagai kitab suci, sedangkan Kristen Protestan tidak mengakui 7 kitab tersebut sebagai kitab suci. Tujuh kitab itu sering disebut “Deuterokanonika”. Deuterokanonika berasal dari bahasa Yunani yang artinya “termasuk kanon kedua”, daftar yang kedua. Yang termasuk deuterokanonika adalah:
    Kitab Yudith
    Kitab Tobit
    Kitab Makabe I
    Kitab Makabe II
    Kitab Kebijaksanaan
    Kitab Putera Sirakh
    Kitab Baruch.

   Sedangkan kitab Kejadian – Maleakhi disebut Protokanonika (kanon yang pertama) adalah sama-sama diakui oleh Katolik dan Kristen Protestan.
     Sehingga untuk membedakan dari segi sampul/kulit luarnya, Kitab Suci Bible Katolik di sampulnya ditambahi tulisan Deuterokanonika, sering ditulis lengkap “Alkitab Deuterokanonika”, maksudnya Alkitab yang di dalamnya ada deuterokanonika.

Mengenai isi dan terjemahannya ke dalam bahasa Indonesia juga sama tidak ada bedanya, demikian juga dengan Perjanjian Baru.

Marilah kita sedikit membuka Alkitab dan menyelidiki, apakah benar, Alkitab menyatakan bahwa Ia-lah satu-satunya sumber iman:

Yoh 20:30 Memang masih banyak tanda lain yang dibuat Yesus di depan mata murid-murid-Nya, yang tidak tercatat dalam kitab ini,

Yoh 21:25 Masih banyak hal-hal lain lagi yang diperbuat oleh Yesus, tetapi jikalau semuanya itu harus dituliskan satu per satu, maka agaknya dunia ini tidak dapat memuat semua kitab yang harus ditulis itu.

Jelaslah bahwa Alkitab sendiri tidak menyatakan bahwa Ia-lah satu-satunya sumber kebenaran iman, sebaliknya, Alkitab makin meneguhkan otoritas Iman Katolik dengan menegaskan:

2 Tes 2:15 Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis.

King James Version 2 Tes 2:15 Therefore, brethren, stand fast, and hold the traditions which ye have been taught, whether by word, or our epistle.

Sumber : https://thomastrika.wordpress.com/2009/08/29/sejarah-alkitab-katolik-protestan-alkitab-nya-sama-iman-nya-beda/
http://membaca-alkitab-kristen-katolik.blogspot.co.id/2014/12/perbedaan-kitab-katolik-vs-protestan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar