Song

SLIDER

Kamis, 11 Agustus 2016

PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK


KESELAMATAN

Setiap manusia mendambakan keselamatan. Dalam kehidupan sehari- hari orang berusaha menghindari hal-hal mengancam jiwa manusia seperti, kecelakaan, kematian, penderitaan, dan kesusahan.




Keselamatan sejati berasal dari Allah. Selama ini Allah menyelamatkan kita dalam kehidupan sehari-hari. Allah menyelamatkan kita melalui tangan orang yang berada di sekitar. 

Contoh tindakan keselamatan dalam kehidupan sehari-hari : 
  1. Tindakan para Suster mengikuti ibu Teresa melayani orang kelaparan, sakit, dan situasi menjelang ajal. 
  2. Tindakan dokter dan perawat untuk mengobati dan menyembuhkan orang sakit
  3. Tindakan orang tua dan guru mendidik anak muridnya. 

  4. Pertolongan orang yang tidak dikenal contoh : saat kecelakaan di jalan.

Keselamatan yang berasal dari Allah tidak membeda-bedakan. Diibaratkan dengan "matahari" dan "hujan". Seperti Allah menerbitkan matahari dan menurunkan hujan bagi semua orang, bagi orang baik maupun orang jahat, demikian pula keselamatan yang datang dari Allah diperuntukan bagi semua orang

-----MATIUS 5:45-----


Berbagai Tanda Kasih Allah Yang Menyelamatkan 
Yesus memberikan karunia keselamatan berupa : 
  1. Mengalahkan kejahatan 
  2. Mengampuni dosa 
  3. Pembebasan dari segala hal yang menekan atau memperbudak kita
  4. Janji hidup kekal 

Dalam Konsili Vatikan 2 para Uskup menulis : Keselamatan kekal juga diterima merekan yang belum mengetahui injil Kristus (yang bukan karena kesalahan mereka) tetapi mereka dengan sungguh-sungguh mencari Allah dan tergerak oleh rahmat Allah, serta berusaha keras agar perbuatan yang mereka lakukan sesuai dengan kehendak Allah, yang mereka ketahui melalui suara hati mereka. 

Kutipan Kitab Suci yang Menegaskan Allah adalah Sumber Keselamatan : 
Yesaya 43:11 

Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku.

Yesaya 49:26

Aku akan memaksa orang-orang yang menindas engkau memakan dagingnya sendiri, dan mereka akan mabuk minum darahnya sendiri, seperti orang mabuk minum anggur baru, supaya seluruh umat manusia mengetahui, bahwa Aku, TUHAN, adalah Juruselamatmu dan Penebusmu, Yang Mahakuat, Allah Yakub. 

Yesaya 63:1

Siapa dia yang datang dari Edom, yang datang dari Bozra dengan baju yang merah, dia yang bersemarak dengan pakaiannya, yang melangkah dengan kekuatannya yang besar?" "Akulah yang menjanjikan keadilan dan yang berkuasa untuk menyelamatkan! 

Yesaya 60:16 

Engkau akan mengisap susu bangsa-bangsa dan akan meminum susu kerajaan-kerajaan maka engkau akan mengetahui, bahwa Akulah, TUHAN, Juruselamatmu, dan Penebusmu, Yang Mahakuasa, Allah Yakub. 

Yesaya 45:21

 Beritahukanlah dan kemukakanlah alasanmu, ya, biarlah mereka berunding bersama-sama: Siapakah yang mengabarkan hal ini dari zaman purbakala, dan memberitahukannya dari sejak dahulu? Bukankah Aku, TUHAN? Tidak ada yang lain, tidak ada Allah selain dari pada-Ku! Allah yang adil dan Juruselamat, tidak ada yang lain kecuali Aku!



Apa Rencana Allah untuk Manusia ??? 
Allah yang sempurna dengan penuh bahagia berencana membagikan kebaikanNya dengan menciptakan manusia agar manusia ikut ambil bagian demi kebahagiaanNya. Dalam kepenuhan waktu, ketika saatnya tiba, Allah bapa mengutus putraNya sebagai penebus dan penyelamatnya manusia, yang sudah jatuh ke dalam dosa, memanggil semuanya kedalam gerejaNya dan melalui karya Roh Kudus, mengangkat mereka sebagai anak-anakNya dan pewarta. 

Sumber : Modul Agama Kelas 9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar