Song

SLIDER

Sabtu, 21 Januari 2017

KASIH SAYANG

KASIH SAYANG DALAM KEHIDUPAN

Cinta adalah satu hal yang lumrah bagi manusia baik itu cinta terhadap orangtua atau pun ke lawan jenis,Tuhan menciptakan segalanya dengan berpasang-pasangan baik itu senang dan sedih,sehat dan sakit,manis dan tentunya laki-laki dan perempuan. laki-laki dan perempuan diciptakan bukan hanya sebagai pelengkap dunia,tetapi diciptakan untuk saling bantu-membantu.


Dunia ini luas dan banyak bermacam-macam orang dari suku yang berbeda menempati dunia ini tapi walaupun berbeda wujud dan bentuk mereka tetap memiliki rasa kasih sayang,kasih sayang sesame manusia dapat dicirikan dengan suka atau simpati terhadap seseorang.Beragam cara orang lakukan untuk mencurahkan kasih sayangnya,dan kebisaan mereka simpan kasih sayangnya didalam hati,membekas dan sakit.Sakit hati adalah salah satu contoh kasih sayang yang tak tersampaikan,tentu rasa sakit hati lebih sakit dari apapun.Orang mana yang mau merasakan sakit hati.

Sakit hati banyak sekali bentuknya baik karena kasih sayang yang tak tersampaikan aaupun karena hinaan dari orang lain,tentu ketika seseorang mengalami sakit hati maka hal yang terlintas di pikirannya baigmana jika dia yang mersaskan sakitnya.Untuk menghindari dari rasa sakit hati ini maka satu hal yang harus dilakukan yaitu engan menjaga,tentu apabila seseoang dapat menjaga hatinya atau pun hati orang lain maka hubungannya akan menjadi semakin erat,jauh dari permusahan dan semakin disegani.

Kasih sayang sesama manusia itu luas dan tidak ada yang bisa memutuskan karena kasih sayang dan cinta itu berbeda kasih sayang itu tidak ada batasnya dan berbeda dengan cinta dimana orang dapat mengatakan cinta terhadap siapapun meskipun dia sudah ada yang memiliki,kasih sayang sudah pasti cinta tetapi cinta belum tentu sayang,sulit membedakan kasih sayang dan cinta tetapi mudah untuk merasakan mana itu inta dan mana itu kasih sayang.

Manusia yang memiliki kasih sayang yang tulus akan lebih mudah akrab dengan orang lain dan disegani dari berbagai pandangan,tetapi d zaman sekarang kasih sayang hanya ditunjukan bagi seorang kekasih,baik itu laki-laki maupun perempuan.

Dalam hidup manusia tidak akan pernah bisa dipisahkan dari yang namanya Cinta dan kasih sayang. Dari manusia mulai dilahirkan ke dunia ini oleh Tuhan Yang Maha Esa sampai kita meninggalkan dunia ini untuk selama-lamanya. Baik kita yang memberikan cinta kasih tersebut atau bahkan kita yang menerima cinta kasih tersebut.

Cinta adalah satu perkataan yang mengandungi makna perasaan yang rumit. Bisa dialami semua makhluk. Penggunaan perkataan cinta juga dipengaruhi perkembangan semasa. Perkataan sentiasa berubah arti menurut tanggapan, pemahaman dan penggunaan di dalam keadaan, kedudukan dan generasi masyarakat yang berbeda. Sifat cinta dalam pengertian abad ke 21 mungkin berbeda daripada abad-abad yang lalu. Ungkapan cinta mungkin digunakan untuk meluapkan perasaan seperti berikut :

• Perasaan terhadap keluarga
• Perasaan terhadap teman-teman, atau philia
• Perasaan yang romantis atau juga disebut asmara
• Perasaan yang hanya merupakan kemahuan, keinginan hawa nafsu atau cinta eros
• Perasaan sesama atau juga disebut kasih sayang atau agape
• Perasaan tentang atau terhadap dirinya sendiri, yang disebut narsisisme
• Perasaan terhadap sebuah konsep tertentu
• Perasaan terhadap negaranya atau patriotisme
• Perasaan terhadap bangsa atau nasionalisme

Cinta adalah perasaan simpati yang melibatkan emosi yang mendalam. Menurut Erich Fromm, ada empat syarat untuk mewujudkan cinta kasih, yaitu:
• Perasaan
• Pengenalan
• Tanggung jawab
• Perhatian
• Saling menghormati

Dalam bermasyarakat atau berhubungan dengan orang lain pun kita tidak akan bisa lepas dari yang namanya kasih sayang. Setiap hari kita bertemu orang dan saling sapa menyapa itu merupakan salah satu bentuk kasih sayang. Cinta dan kasih sayang terhadap orang lain bukan hanya yang seperti kita ketahui bahwa perasaan cinta dan kasih seperti orang pacaran atau orang menikah, itu merupakan salah satu terminologi dari cinta.
• Cinta yang lebih cenderung kepada romantis, asmara dan hawa nafsu, eros
• Sayang yang lebih cenderung kepada teman-teman dan keluarga, philia
• Kasih yang lebih cenderung kepada keluarga dan Tuhan, agape
• Semangat nusa yang lebih cenderung kepada patriotisme, nasionalisme dan narsisme, storge


Pertemuan antara dua orang dapat membangkitkan rasa cinta. Pertemuan yang merupakan kontak antara dua orang ialah “Aku” dan “Engkau”, yang saling membuka hati melalui gerak dan kata. Dalam pertemuan terjadi saling membuka hati, terbuka dan yang paling penting kejujuran. Dalam pertemuan pikiran-pikiran egostis harus dilepaskan, sebaliknya dibangkitkan rasa ketersediaan dalam situasi bersama. Hubungan “Aku” dengan “Engkau” adalah hubungan dinamis, berkembang, yang dimulai dengan kepercayaan sampai lebih nyata dalam cinta dan persahabatan.

Hubungan antara dua orang memuncak dalam hubungan cinta. Asal mula hubungan cinta itu adalah anugerah dari Tuhan. Syarat cinta ialah kerendahan hati orang yanng memanggil, kesediaan pada orang yang dipanggil. Dalam unsur cinta individualitas masih tetap ada, hanya ditutupi dengan berbagai pengorbanan, tetapi demi cinta pula. Cinta tidak dapat diukur secara objektif. Bahkan lebih sulit sekali untuk mengetahuinya. Akan tetapi suatu saat cinta dapat putus secara mendadak karena adanya pengkhianatan terhadap pasangan dalam cinta. Bila yang dicintai tidak cocok dengan gambaran semula tentang dia, ia tetap dapat dicintai. Tetapi kemungkinan adanya pelaku ketiga dalam sebuah pasangan tersebut. Ini merupakan kritik dan kewaspadaan terhadap cinta . untuk lebih waspada, perlu dikaji konsep cinta dalam ajaran agama.

Sumber : http://rizachnial.blogspot.co.id/2013/11/bentuk-bentuk-kasih-sayang-dalam.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar